miss indonesia2009Pemilihan Miss Indonesia 2009 yang disiarkan RCTI dan di laksanakan di gedung mewah JCC, akhirnya mengukuhkan Wakil DKI Jakarta Karenina Sunny Halim sebagai pemenang dan berhak atas mahkkota Miss Indonesia 2009 dan sejumlah uang. Sedang Runner up 1 Melati Putri Kusuma Dewi (Sulawesi Barat) , dan Viviane (Bali) runner up dua.
Karenina
Mengalahkan wanita2 cantik dari 33 provinsi seindonesia.
Karenina(kelahiran 13 Juni 1986) yang juga adik kandung artis Steve Emanuel akhirnya terpilih sebagai pemenang. Selain cantik dan pintar, dia memiliki kepedulian sosial tinggi. Karenina yang guru SMP ini pernah ikut menjadi pengajar bagi anak-anak korban tsunami Aceh.
Tapi ada yg sedikit janggal bagi saya. . .
Yaitu kebanggaan kita dalam berbahasa Indonesia saya lihat kurang dalam acara ini. . Okelah english memang penting tapi perlu di ingat acara ini adalah pemilihan wanita tercantik seindonesia,dan pemenangnya akan dikirim ke ajang miss world. .Seharusnya pemenang dari ajang ini selain cantik,pintar,punya wawasan,menguasai bahasa asing,juga menguasai bahasa indonesia yang baik dan benar,dan juga menguasai atau minimal mengetahui dan mendalami adat istiadat dari daerah yang diwakilinya. .
Kenapa saya post hal ini.?Tadi pagi di sebuah stasiun tv,wartawan mewawancarai salah seorang pemenang miss indonesia . .Lucunya mengaku miss indonesia,tapi bahasa indonesianya medok! Mending kalau medok jawa atau bali yang masih mencirikan jiwa Indonesia,nah yg ini medok Londo! Nah ini yang aneh! Pantesan semua jawaban yg di jawab menggunakan english,ternyata pelafalan bahasa indonesianya bermasalah!
Disinilah rasa keind√łnesiaan saya terusik,seharusnya pemenang miss indonesia adalah wanita indonesia asli dgn penguasaan bahasa yg baik,bukankah bahasa mencerminkan bangsa?Apalagi ini akan dikirim mewakili indonesia di ajang pemilihan ratu sejagat. .
Contohlah wakil2 dari afrika yang tetap bangga mengirim wakil2nya walaupun berkulit gelap,karena mereka bangga dgn jatidirinya.Kita juga harus bangga dgn jatidiri kita,walau english memang penting tapi lebih baik bila menguasai bahasa indonesia yg baik.

ini cuma sebuah kritik dan tidak bermaksud menyinggung siapapun,saya cuma mau bilang

HIDUP INDONESIA!!!


miss indonesia2009

4 comments:

  1. semoga bisa membanggakan indoneisa :D

    ReplyDelete
  2. Mat datang neki. .Ya mudah2han bisa mengharumkan nama bangsa. .Tapi biasanya putri kita kalah karena tidak ada originalitas. . .Cuma ada yg masuk 10 besar di miss universe,tu juga karena memang dia bercirikan indonesia banget. .

    ReplyDelete
  3. Betul, mas. Td sy berita d okezone, dy (si karenina yg caem) emang mengaku blm bs berbahasa indonesia yg baik dan bnr, la wong sekolahny d english school, y wajar mungkin y. Tp sh mnrt sy sbg wakil indonesia bwt miss world, y emang hrs punya wawasan kebangsaan yg luas, tentuny bhs indonesia jg. Tp gak masalah, masih ad puteri indonesia, moga yg kepilih gak cm caem, tp jg orang indonesia yg punya wawasan kebangsaan yg bgs. Thx

    ReplyDelete
  4. Thanks dah mampir mas. .Munkin nama kompetisinya "MiSS INDONESIA" jadi pemenangnya pun agak ke MISSmi san. . He he . .Bukan mimisan loh. . Yuph betul,sebagai wakil indonesia di ajang dunia adalah lebih baiknya kalau orang indonesia asli. . . Betul gak? PEACE V

    ReplyDelete

 
Top