tari pendet

Beberapa hari terakhir ramai ada pemberitaan tentang tari pendet yang diklaim sebagai milik malaysia.Walau gambar penari pendet cuma ada sekilas dalam iklan mereka ,tapi itu cukup membuat seniman dan masyarakat indonesia dan khususnya warga bali. .Padahal budaya Bali begitu khas dan unik jadi bangsa yang berani mengklaim budaya bali, termasuk bangsa yg tidak tau malu!

sebagai putra asli bali saya juga ikut terusik ketika melihat berita ini di TV ,


tari pendet sudah berkembang di Bali sejalan dengan perkembangan agama hindu di Bali. .

Jadi tarian ini sudah ada beratus ratus tahun jauh sebelum negara indonesia atau malaysia ada.
tari pendet
tarian ini termasuk dari beberapa jenis tarian sakral yang hanya di pentaskan dalam upacara adat dan keagamaan di bali .Tarian ini melambangkan penyambutan atas turunnya dewata ke alam dunia.Dan juga ditarikan sebagai penyambutan iring2ngan prosesi keagamaan sebelum mencapai gerbang pura.
Pendet merupakan pernyataan dari sebuah persembahan dalam bentuk tarian upacara. Tidak seperti halnya tarian-tarian pertunjukkan yang memerlukan pelatihan intensif, Pendet dapat ditarikan oleh semua orang,pemangku pria dan wanita, kaum wanita dan gadis desa.tua maupun muda.
Aktifitas penari di sebut dengan memendet
Tarian ini diajarkan sekedar dengan mengikuti gerakkan dan jarang dilakukan dibanjar-banjar. Para gadis muda mengikuti gerakkan dari para wanita yang lebih senior yang mengerti tanggung jawab mereka dalam memberikan contoh yang baik.masing-masing penari membawa sangku,kendi,cawan dan perlengkapan sesajen lainnya.

streaming youtube

Tari Rejang Dewa
tari rejang dewa

Tarian lain yg merupakan tarian sakral adalah tarian rejang dewa beda dengan tari pendet,tari rejang dewa hanya boleh ditarikan gadis2 remaja yg masih suci,tarian ini di tarikan lebih dari 5 orang dengan hiasan kepala dari janur. . Tarian ini bersifat sangat sakral dan belum ada seniman yg memodifikasi tarian ini .Jadi tari rejang dewa yg ada saat ini masih asli sesuai ajaran turun temurun dari para pendahulu.

Tari Baris Gede

tari pendet
tari sakral lain yg biasa di pentaskan di pelataran pura adalah Tari Baris Gede.Tarian ini ditarikan oleh para pemuda,ataupun pria dewasa bahkan oleh kakek2.perlengkapan Tarian ini membawa sebatang tombak dan ditarikan lebih dari 5 orang. . Tarian ini gerakannya simpel dan khas dan juga hanya di pertunjukan dalam upacara2 agama di Pura2.


Sekarang dengan makin beraninya pihak asing mengklaim budaya kita maka seharusnya pemerintah lebih tegas. .Dan masyarakat Indonesia harus lebih menghargai budaya sendiri.Jangan selalu menganggap rendah budaya sendiri dan mengagung2kan budaya asing.
karena sebenarnya budaya kita jauh lebih unggul dari Budaya manapun. .Jadi mari kita hargailah Budaya asli indonesia dari sabang sampai merauke.
dari berbagai sumber

1 comments:

  1. Saya pikir saatnya kita sama-sama berpikir jernih dan lebih mendalam dalam menyikapi konflik ini..jangan saling terbawa emosi dengan artikel dan komentar-komentar yang ada dalam berbagai media,forum,dan blog..satu hal yang pasti : ADA YANG DIUNTUNGKAN DARI PERTIKAIAN INDONESIA-MALAYSIA..jadi menjadi tanggung jawab kita bersama untuk lebih memahami kasus ini lebih jernih!!!

    SEDIKIT OPINI YANG MUNGKIN BISA KITA RENUNGKAN SEJENAK DALAM MENYIKAPI KASUS INI..
    Pihak Ketiga dalam Konflik Indonesia Malaysia

    ReplyDelete

 
Top