Wednesday, September 23, 2009

Bisakah adat dan agama Hindu Bali bertahan?

om swastiastuPerkembangan Agama hindu di indonesia tidak bisa mengenyampingkan kontribusi agama hindu Bali.Karena di Bali lah satu2nya wilayah di indonesia yang masih memegang budaya hindu warisan majapahit.
Tapi saat ini budaya hindu bali lagi menghadapi banyak permasalahan. .
Sebelumnya alangkah baiknya kita lihat dahulu sekilaas perkembangan agama hindu di Bali.
Agama hindu di bali berkembang di sekitar abad ke 8 .Diawali dgn kedatangan orang suci dari tanah jawa yaitu Mpu Kuturan, pengaruh Mpu Kuturan sangat besar dalam agama hindu Bali .Salah satunya adalah beliau dapat mempersatukan banyak sekte/aliran hindu yang berkembang di Bali saat itu.Sekte-yang hidup pada jaman sebelumnya dapat disatukan dalam pemujaan melalui khayangan tiga,khayangan jagat dan lain2,perkembangan hindu selanjutnya di tandai dengan ekspedisi mahapatih gajah mada di sekitar abad ke 13.
Selanjutnya setelah runtuhnya Majapahit agama hindu di bali mencapai keemasan dengan kedatangan dhanghyang Dwijendra(nirartha) dan pengiring beliau dari majapahit yang masih setia dengan agama Hindu ke bali.Jasa beliau sangat banyak dalam sastra,agama, arsitektur bali ,tatanan desa adat dan beberapa pura yang lain.
Jadi agama hindu di Bali berkembang sangat pesat sejak runtuhnya kerajaan Majapahit 500 tahun yang lalu.

Agama hindu Bali sudah bertahan 500 tahun diantara gempuran budaya2 luar. .Dan daerah Bali lah satu2nya daerah yang tidak pernah dilewati dalam penyebaran agama islam oleh para wali saat itu. .Para wali wali islam itu langsung menuju ke pulau Lombok dan menyebarkan islam disana. . .

Kini setelah berabad abad bertahan,agama hindu Bali saat ini di "serang " dari segala penjuru. .Tidak hanya dari luar,justru juga dari dalam agama hindu bali itu sendiri.
Karena perkembangan jaman saat ini banyak masyarakat Bali yg berpikir praktis dan meninggalkan budaya Bali.Ada beberapa alasan yang membuat hal itu terjadi. .Salah satunya karena saat ini masyarakat menganggap adat bali sudah tidak relevan dan terlalu mengungkung. .Jadi sudah saatnya para budayawan merevisi adat2 yang terlalu mengungkung.
Dan karena alasan pekerjaan dan karier pulalah banyak warga bali yang pindah ke agama lain.
Selain itu sekarang makin banyak warga bali yang mengikuti aliran2 hindu yang berasal dari india,entah apa ini fenomena yang baik atau buruk.
Baiknya warga Bali yang merasa terkungkung oleh adat tidak memilih pindah agama melainkan masuk aliran2 kepercayaan tersebut.
Dan buruknya ,adat Bali lambat laun akan hilang.Dan bukankah dulu mpu Kuturan sanggup menyatukan aliran2 itu,dan kini kita mulai memilih memecahkan diri.Sebenarnya saya juga menyukai aliran2 sampradaya itu,karena menyebarkan perdamaian.Asal tetap ingat sama akar dan budaya bali.
Tapi apapun pilihannya ,asal semuanya ikut membesarkan hindu dan budaya bali pasti saya dukung.
Pertanyaanya apakah Budaya Hindu Bali tetap bisa bertahan? . . . .
Title: Bisakah adat dan agama Hindu Bali bertahan?; Written by Mansuka™; Rating: 5 dari 5

7 comments:

  1. http://kangrohman.com/download/84
    http://blogtemplate4u.com/2009/07/magazine-template-r15.html

    ReplyDelete
  2. mudah-mudahan bisa bertahan...kalo sistem pemerintahan kita indonesia masih berdasarkan PANCASILA DAN UUD45 umat HINDU akan bisa bertahan...tapi kenyataan skg kita spertinya mendapatkan dekriminasi bukan bali tapi hindu di luar bali..
    thanks

    http://kebangkitan-hindu.blogspot.com/

    ReplyDelete
  3. Thanx dah mampir. .Ya deskriminasi pasti terjadi pada minoritas. . Hukum alam memang selalu begitu .

    ReplyDelete
  4. agama hindu di Bali pasti bisa beRtahan selama Kepercayaan TerHadap budaya Hindu dan agama hindu itu senDiri masih Melekat di Hati kita..
    terUtaMa kpd Ida Sang Hyang Widhi..
    POMA..POMA..POMA..

    ReplyDelete
  5. Resmini Thanx dah mampir . .Semoga semua sesuai dengan yang kita harapkan. . .

    ReplyDelete
  6. Entahlah .... :mikir

    ReplyDelete
  7. Aku bru aja bikin situs komunitas anak bali, dicoba ya
    http://yowanabali.com

    ReplyDelete