galungan
om swastiastu selamat hari raya galungan dan kuningan saya ucapkan kepada seluruh umat hindu indonesia,semoga ida hyang widhi wasa selalu memberi kebahagiaan dan kedamaian di negeri yang penuh bencana ini.

Hari raya Galungan dan kuningan adalah hari raya keagamaan besar hindu selain hari raya nyepi.Bedanya Hari raya galungan dan kuningan di peringati setiap 6 bulan sekali sedangkan hari raya Nyepi di peringati setahun sekali.
Hari raya galungan dan kuningan adalah peringatan kemenangan dharma(kebaikan) melawan adharma (kejahatan),peringatannya dimulai dalam beberapa rangkaian..
Kalau anda teman2 di luar bali pernah kebali tepat atau menjelang hari raya galungan dan kuningan pasti merasakan suasana galungan. .Di jalan2 tepat di muka rumah dihiasi penjor galungan,pura2 keluarga di hias dan tepat di hari galungan para umat berbondong2 sembahyang ke pura umum,juga ke pura keluarga.Setelah itu dilanjutkan dengan berkunjung ke sanak famili.Ya mirip dgn suasana silaturahmi di hari lebaran.

Di hari raya kuningan ada sesuatu yang spesial di tempat kelahiran saya .Desa munggu,kec MENGWI,kab BADUNG,Bali .
Setelah sembahyang,siangnya ada pawai adat yang menggambarkan para prajurit yang baru datang dari medan peperangan.Dengan membawa panji2,benda pusaka dan bersenjatakan tombak panjang.Tradisi tersebut di sebut dengan ngrebeg
Saya sudah pernah mempostkan hal ini,silahkan lihat di sini
http://mansuka.blogspot.com/2009/03/tradisi-ngerebeg-di-mungguwarisan.html
dan silahkan lihat embed videonya di bawah ini

silahkan download
Download :Tradisi ngrebeg desa munggu.3gp 950kb

semoga bermanfaat. .
Om shanti shanti shanti om. . .

2 comments:

 
Top