Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips internet dan facebook sehat

internet sehat
penting! Harap di baca!
post ini sebenarnya post lama dan di terbitkan oleh seorang teman blogger saya di jogja,tapi post ini selalu relevan sepanjang masa,jadi bacalah baik2 .

Internet adalah sebuah kejaiban teknologi yang membuat dunia serasa lebih sempit. Informasi nun jauh disana bisa didapatkan dengan sekejab. Berinteraksi, bertatap muka dengan jarak memisahkan ribuan kilometer dapat dilakukan dengan mudah .
Seperti halnya kehidupan nyata, didunia maya tidaklah semuanya baik. Ada banyak kegelapan yang mencoba menghantui.

Berikut ini beberapa tips aman berselancar di dunia maya.
  • Janganlah percaya begitu saja terhadap seseorang yang baru dikenal melalui Internet.
  • Tidak semua orang jujur, sehingga bisa juga orang yang Anda ajak berinteraksi sedang berbohong.
  • Meskipun fotonya menarik, siapa tahu itu bukan foto dia, hanya pinjem foto teman atau cari di internet.
  • Selain itu waspadailah profile palsu dalam artian orang yang membuat profile tersebut bukanlah orang yang sebenarnya.
  • Model klasik basa basi kenalan ala MIRC
    Boys: hi, leh knl tidak
    Gadis: boleh aza, asl pls
    Boys: 20/m/jakarta, kalu u?Gadis: akyu 17/f/bandung
    Boys: msh skul dong
    Gadis: yup, kl u kul or ker
    Boys: ak kul fak tek di univ gadjah duduk
    Pasti bayangannya, Gadis cewek yg imut, si Boys jejaka keren anak kuliahan, padahal bisa juga keduanya sudah kakek nenek.
  • Jangan terlalu percaya tentang segala sesuatu yang ada di internet, karena tidak semua informasi adalah benar dan valid. Misalnya saja apabila mendapat kiriman email yang isinya berita tidak jelas , link yang tidak tahu juntrungnya, atau harus menyebarkan email kepada orang lain. Lebih baik langsung dihapus saja.
  • .Sekarang yang lagi ngetrend adalah Facebook dan berbagai macam jejaring sosial lainnya. tips amannya
    • Dalam menerima/menambah teman sebaiknya dipilih dan pilah terlebih dahulu.
    • Berhati hatilah juga dalam mempergunakan aplikasi di Facebook, karena aplikasi pihak ketiga ini tidak terjamin keamanannya (mencuri data pengguna).
    • Jangan menyimpan foto pribadi yang agak segar :D di Friendster, Facebook dan sejenisnya. Karena sekuat apapun keamanan suatu situs,masih dimungkinkan konten private yang ada didalamnya dilihat oleh orang lain.
    • Jadilah orang yang agak misterius. Jangan terlalu terbuka, menulis semua data diri secara lengkap, misalnya alamat rumah, nomor telepon, sekolah dan lain-lain. Itu bisa berbahaya, apabila data-data tersebut disalahgunakan oleh orang lain. Jadi tidak ada salahnya menjadi stranger terutama kepada orang yang baru dikenal.
    • jangan mudah menerima ajakan copy darat,apalagi baru kenal dan usahakan selalu mengajak teman bila harus copdar
  • Jauhi situs atau chat rooom yang vulgar alias mengandung pornografi. Apabila nanti ketagihan maka dapat mengganggu fungsi otak dan kemampuan inteligensia pencandu. Bila gangguan perilaku dan kemampuan inteligensia itu meluas, hal itu akan memperburuk kemampuan, kesehatan fisik, mental, dan sosial.
  • Jadi agar tidak kecanduan jangan suka membuka yang uhui2.
  • Apabila hendak jumpa darat dengan seseorang yang baru dikenal di internet sebaiknya mengajak teman untuk keselamatan dan kenyamanan.
  • Menjalin hubungan dengan sahabat di dunia nyata lebih penting daripada di dunia maya.
  • Ingatlah waktu apabila berinternet ria. Biasanya kalau sudah chat, ngeroom atau browsing maka waktu serasa tiada habisnya. Kadang pekerjaan lain jadi terbengkalai, lupa belajar, lupa mandi, bahkan begadang sampai pagi. Bang Rhoma berkata, begadang janganbegadang bila tak ingin meriang hehe
  • Jangan falling in love didunia maya. Kadangkala orang menemukan tambatan hati di dunia internet. Dari chat turun ke hati, karenaterpesona cintapun bersemi. Tapi sebelum benar2 falling in love, sebaiknya diselidiki terlebih daulu asal muasal makhluk manis di ujung sana. Benar-benar seperti yang dibayangkan atau tidak. Cintailah sepenuh hati apabila sudah sering bertemu, sudah seiya sekata, sudah klop dihati. Jangan sampai broken heart karena sesuatu yang tak nyata, karena cinta maya. Lebih baik cinta luna maya
Tulisan diatas diinspirasi dari Internet sehat dengan beberapa tambahan sendiri.Karena sekarang banyak yang keranjingan internetan,facebookan dll. Jadi mari berinternet dengan aman dan positif, tidak hanya sekedar senang2 saja, tapi untuk sesuatu yang bermanfaat. Memanfaatkan internet untuk belajar, menambah relasi dan tentunya menambah informasi.Semoga Bermanfaat sumber:darmawanBLOG

3 komentar untuk "Tips internet dan facebook sehat"

  1. Bener banget Man
    jgn sampai kita tertipu dgn kata2 yg manis dr seseorang.

    BalasHapus
  2. Ya sudah banyak kejadian mas. . Jadi lebih berhati2 lah

    BalasHapus
  3. ,,Mantap infox,,,minta izin di posting di URLku,,dijamin link asalx ttp ada..mkasih..sukses slalu

    BalasHapus