mekotek,ngerebegPawai pembukaan pesta kesenian bali akan di gelar di hari sabtu ini,bertempat di jantung kota Denpasar..alun-alun puputan Badung.
Di pawai kali ini tradisi ngerebeg/mekotek desa munggu juga akan di ikut sertakan untuk memeriahkan jalannya pawai pembukaan ini.
Pawai ini sendiri akan dimulai pukul 2 siang dan diikuti dari semua kabupaten kota di bali,beberapa provinsi diluar bali dan juga ada dari beberapa negara luar.

Tradisi ngerebeg/mekotek sendiri akan mewakili kabupaten Badung di acara ini.Karena perlu diketahui tradisi ngerebeg/mekotek ini adalah tradisi unik dari desa munggu ,kecamatan mengwi dan kabupaten badung.

Beberapa Persiapan pun sudah dipersiapkan jajaran pengurus desa sejak beberapa waktu yang lalu.
Beberapa orang pun sudah di pilih dan tinggal menunggu hari H nya saja.

Tapi walaupun sudah disetujui,menurut beberapa kalangan ,mengikut sertakan tradisi adat yang sakral seperti ini ke dalam pawai seperti ini akan berakibat kurang baik di kedepannya,ditakutkan bila tradisi adat sakral seperti ini akan di komersilkan dan akan mengurangi nilai-nilai sakralnya ..seperti beberapa kesenian sakral lain yang saat ini dikomersilkan dan kehilangan kesakralannya.

Pro kontra pasti akan ada dimanapun,yang pasti dengan ikut sertanya tradisi adat ngerebeg/mekotek ini sedikit tidaknya akan ikut memperkenalkan tradisi masyarakat adat munggu ini ke dunia internasional..dan nama desa munggu juga pasti akan makin dikenal..

Oke selamat bagi teman-teman yang ikut dalam pawai dan bagi yang mau melihat pawai pembukaan pesta seni bali silahkan datang ke bali tepatnya di alun-alun kota denpasar di hari sabtu besok.
Pesta kesenian bali ini sendiri akan berlangsung selama sebulan penuh dengan beberapa acara yang sudah di jadwalkan....
Jadwal pesta kesenian bali tahun 2011 bisa di lihat di postingan yang lain..

Terimakasih...

1 comments:

  1. berkunjung ...
    sneng bisa mampir lagi,,, hehee

    ReplyDelete

 
Top